Universitas Islam Jember

Capping Day Mahasiswa Fikes Sebagai Simbol Kesiapan Praktik Lapang

Pemasangan kap kepada mahasiswa Kebidanan UIJ pada acara Capping Day sebelum praktik lapang. / Fotografer: Beby Alfin Naby

FIKES, www.uij.ac.id – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Jember (UIJ) memiliki perbedaan keunikan dengan fakultas lain. Hal tersebut dapat dilihat ketika mereka akan melakukan terjun lapang pertama. Jika, fakultas lain sebelum pelaksanaan praktik lapang hanya melakukan kegiatan pelepasan, namun di fakultas ini mengadakan kegiatan Capping Day.

Saat dikonfirmasi, Dekan Fikes UIJ Dewi Rakhmawati mengatakan, kegiatan Capping Day merupakan kegiatan upacara pemasangan kap dan ucap janji mahasiswa yang dilakukan ketika mereka akan memulai praktik lapang pertama. “Sebelum terjun lapang diadakan acara ceremonial yang dinamakan Capping Day,” jelasnya saat diwawancarai, Kemarin (17/11).

Kegiatan capping day ini, lanjut dia, merupakan acara yang rutin dilakukan sebagai simbol kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan praktik lapang. Selain itu, kata Dewi hal tersebut juga merupakan langkah pertama bagi mahasiswa untuk bergabung dalam profesi kebidanan. Oleh karena itu, wajib bagi mahasiswa Fikes untuk mengikutinya. “Jadi tiap tahun diadakan tanpa ada perbedaan dari segi teknis dan konsep,” lugasnya.

Dewi berharap, mahasiswa yang akan melakukan kegiatan praktik lapang pertama, mereka dapat mengaplikasikan teori yang telah didapatkan pada saat melakukan pembelajaran di kampus, dan menggali kemampuan lebih untuk mendapatkan pengalaman. Serta, yang lebih utama kata Dewi, harus menjaga attitude-nya di lahan praktik. “Mengasah skill keterampilan praktik di lahan, dan wajib menjaga etika,” pungkasnya.

Sebagai informasi, mahasiswa fikes yang mengikuti capping day di tahun ini sebanyak 27 mahasiswa. Mahasiwa-mahasiswa tersebut akan ditempatkan di dua rumah sakit yang ada di Jember, yakni RS DKT dan RS Paru.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x