Universitas Islam Jember

Tiga Jurnal UIJ Terakreditasi, Pengelola Harus Lebih Semangat

ASET: Pengelola dan penerbit jurnal bersemangat agar jurnal terakreditasi Science and Technology Index (SINTA).

PENERBITAN, www.uij.ac.id – Setelah beberapa pekan lalu,  dua jurnal Universitas Islam Jember (UIJ) terakreditasi. Kini  tiga jurnal kembali berhasil meraih Akreditasi Sinta. Ketiga jurnal itu ialah, Konsulensa untuk Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK), Biosel milik Prodi Pendidikan Biologi mendapat Sinta 5, dan Men-Z milik Fakultas Ilmu Kesehatan mendapat Sinta 4.

Kepala Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan, Pusat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Ahmad Fauzi, menjelaskan ketiga jurnal itu menghasilkan Sinta yang berbeda meskipun pengajuannya sama. Namun, dirinya tetap merasa bersyukur karena sinta 5 itu sudah lumayan baik dan masih bisa mendapat sertifikat. “Sinta 6 paling bawah, dan tidak keluar sertifikat,” tegasnya.

Fauzi menuturkan, hal itu sudah sangat luar biasa. Sebab, banyak jurnal yang usianya jauh lebih dewasa daripada jurnal yang diajukan pada saat ini. “Jurnal milik Fikes itu saat pengajuan usianya masih 2 tahun, sudah menghasilkan sinta 4,” tuturnya.

Ia juga membeberkan, jurnal merupakan aset kampus. Maka harus dikelola dengan baik. “Aset kalo dikelola dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang baik,” kata Fauzi.

Berikutnya, lanjut dia, pihaknya menargetkan dua tahun kedepan, jurnal yang memenuhi persyaratan harus sudah terakreditasi. Dan di akhir tahun 2022 ada empat sampai lima jurnal akan diperbaiki.

Oleh karena itu, Fauzi berharap agar pengelola jurnal tidak boleh putus asa  dan lebih semangat lagi kedepannya. Sebab, jika hanya pihak penerbitannya saja yang semangat, maka tidak akan jadi, begitupun sebaliknya. “Kalo dari pengelola semangat, saya pun semangat,” tandasnya.

Kontributor: ST. Soleha

Editor: Beby Alfin Naby

Sumber Foto: Istimewa

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x