Universitas Islam Jember

Berdiri Sejak Tahun 2010, Tiga Jurnal FKIP sudah Terakreditasi

KUALITAS: Jurnal yang ada di FKIP UIJ yaitu Aksioma, Biosel dan Konsulensa telah terakreditasi Science and Technology Index (SINTA).

FKIP, www.uij.ac.id – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Jember (UIJ) mempunyai lima jurnal yang terdapat di masing-masing program studi dan fakultasnya.

Jurnal yang ada di FKIP ini sudah berdiri sejak tahun 2010, sebagai wadah bagi dosen untuk melaksanakan tri darma (belajar, meneliti, mengabdi) perguruan tinggi. Hal itu dikatakan oleh Dekan FKIP, Arifin Nur Budiono saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/1).

Menurutnya, salah satu pengeluaran penelitian itu harus dalam bentuk aplikasi jurnal. Selain itu, mengacu pada regulasi pemerintah yang mengatakan bahwa sarjana S-1 sampai S-3 harus menerbitkan karya ilmiyah. “Maka dari itu, kita memfasilitasi,” tegasnya.

Arifin mengatakan, dari kelima jurnal itu, tiga sudah diajukan untuk mengikuti Akreditasi  Science and Technology Index (Sinta) melalui bimbingan penerbitan UIJ yang membuahkan hasil. “Alhamdulillah, hari ini kita sudah dapat hasilnya, untuk Aksioma itu masuk kategori Sinta 4, Biosel dan Konsulensa itu adalah Sinta 5,” terangnya.

Ia membeberkan, upaya selanjutnya setelah hasil ketiga jurnal itu keluar. Pihaknya akan  mempersiapkan untuk mengajukan akreditasi bagi jurnal yang belum terakreditasi. “Barusan rapat koordinasi, untuk Linguapedia yang Bahasa Inggis, dan milik fakultas jurnal edukasi untuk maju akreditasi,” jelas Arifin.

Selain itu, lanjut dia, kita harus tetap menjaga kualitas standart akreditasi. Penerbitannya harus kontinu, substansinya harus sesuai, serta hal-hal lain yang dipersyaratkan dari kestabilan daripada Sinta itu sendiri. “Syukur-syukur tahun depan kita sudah bisa baik lagi Sintanya menjadi lebih tinggi,” jelasnya.

Oleh karena itu, arifin berharap jurnal-jurnal yang ada di FKIP itu dapat menjadi satu kanal publikasi untuk dosen dan mahasiswa. “Baik di UIJ maupun di luar,” pungkasnya.

Kontributor: ST. Soleha

Editor: Beby Alfin Naby

Sumber Foto: Istimewa

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x