Universitas Islam Jember

Mahasiswa UIJ Gelar ICB

SEMANGAT: Sejumlah mahasiswa FKIP ketika mengikuti PKKMB di Kampus UIJ, akhir pekan kemarin. Foto.Humas UIJ for Radar Jember

Libatkan Secaba, Bangun Kapasitas Integritas

KALIWATES-Mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Universitas Islam Jember (UIJ) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat fakultas. Ini merupakan  tindak lanjut PKKMB tingkat universitas di awal tahun ajaran baru lalu.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari itu dinamakan Internal Capacity Building (ICB) 2018, yang diikuti khusus mahasiswa baru FKIP. Salah satu tujuannya menuntun mahasiswa agar tidak hanya paham dengan materi yang diberikan, namun harus mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan kampus.

Menurut Ahmad Said Mutohhari, ketua panitianya,  ICB yang bertema “Karya Muda Prestasi Bangsa” ini, merupakan rangakaian kegiatan yang interaktif dengan berbagai materi yang up to date, dan kegiatan yang aplikatif melalui penerapan berbagai materi. Ada tiga bidang materi yang diberiksa, yakni materi wajib (meliputi sistem akademik FKIP, suurat keterangan pendamping ijazah, dan strategi pengembangan Nonakdemik & Ormawa).

Sedangkan materi umum, kata Said, meliputi interpreneur muda era Industri 4.0 (IMERI 4.0), peningkatan kemampuan  karya ilmiah mahasiswa, dan prospektif pendidik Era Milenial. Sementara materi khusus, terkait dengan kepentingan prodi, keprodian, kapita selekta prodi, himpunan mahasiswa prodi, dan ikatan organisasi mahasiswa sejenis (IOMS) yang kesemuanya menjadi sangat penting bagi mahasiwa baru.

Tak hanya materi akademik saja, kata dia, mahasiswa baru juga dibekali dengan pengetahuan nonakademik melalui game edukasi dan night adventure yang merangsang kognitif dan mental mereka dalam menghadapi kehidupan baru menjadi mahasiswa.

Kegiatan yang dibuka Dekan FKIP Arifin NB. ini, lanjut Said, merupakan aghenda Ospek tingkat fakultas yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Namun pada tahun ini, lanjut dia, ada pengembangan konsep kegiatan, Yakni, yang awalnya hanya sebatas orientasi saja, pada tahun ini lebih fokus pada peningkatan kapasitas akademik dan nonakademik mahasiswa.

Dengan demikian, kata dia, dengan kegiatan, materi dan aplikasi yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa baru”. “Kegiatan ini juga memiliki motto ‘Prestasi Bukan Sensasi’.” imbuhnya.

Menariknya, lanjut Said,  dalam ICB tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Secaba Rindam V/Brawijaya, untuk memberikan materi ketahanan nasional dan sejenisnya.

Bahkan, kegiatan outbound dan sebagainya dilanjutkan di Secaba Rindam V/Brawijaya, Sumbersari, sekaligus sebagai penutupan acara, yang dipantau langsung Kapten I Gusti Putu, perwakilan dari kesatuan tersebut. .

  yang secara terbuka menerima kerjasama dari panitia penyelenggara. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP pada Jumat pagi, 9 Nopember 2018 di Lapangan Kampus 1 Univeristas Islam Jember. Lalu dilanjutkan dengan materi wajib, materi umum, dan materi khusus sampai hari Sabtu sore, 10 Nopember 2018. Lalu kegiatan outbound dan sebagainya dilanjutkan di SECABA Rindam V/Brawijaya, Sumbersari, Jember sekaligus penutupan kegiatan ICB 2018 yang dipimpin oleh perwakilan pihak SECABA, Kapten I Gusti Putu.

Akhir dari kegiatan ini, diharapkan mahasiwa baru FKIP khususnya dapat meningkatkan kualitas kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa dalam mencapai tujuan mereka di Universitas Islam Jember, khususnya di bidangnya masing-masing. Serta kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali kredibilitas mahasiswa FKIP agar menjadi satu keluarga besar yang erat dan dapat menjadi pendidik bangsa yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat global di era Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini. (kl/sh)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x