Universitas Islam Jember

PCNU Kerahkan Seribu Jemaah

Untuk Hadiri Hari Santri di Stadion Deltras Sidoarjo

JEMBER – Pengurus Cabang NU Jember siap mengerahkan seribu jemaah untuk memeriahkan Hari Santri Nasional Provinsi Jatim di Stadion Deltras, Sidoarjo, Minggu depan (21/10). Peringatan Hari Santri kedua itu, rencananya akan diikuti oleh sejumlah umat nahdliyin dalam bentuk istigasah yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan para sejumlah kabinetnya.

Ketua PCNU Jember, Dr KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) mengatakan, pihaknya sudah mengkoordinasi dengan semua badan otonom (Banom) NU Jember, untuk menyukseskan acara akbar tersebut. Jumlah jemaah sebanyak itu, kata Gus Aab, akan disokong oleh seluruh cabang NU se-Jatim, terutama cabang di sekitar Surabaya dan Madura. “Jember diminta menyiapkan seribu jemaah untuk acara tersebut. Kami menyediakan sekitar 20 bus,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi di Kantor Cabang NU Minggu kemarin, kata Gus Aab, peserta sebanyak itu akan didukung oleh seluruh banom, termasuk ISNU, GP Ansor, dan Kampus Universitas Islam Jember (UIJ). Pihaknya  juga minta dukungan dari personal warga NU yang kebetulan ada di partai politik (Parpol), baik PKB, PPP, Golkar, Nasdem, Gerindra, dan lain-lain. “Jadi, untuk kegiatan semacam ini, kami tidak membedakan kelompok parpol,” tandasnya.

Bahkan, dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Jember ini minta dalam hal ukhuwah nahdliyah, semua elemen NU hendaknya menunjukkan kekompakannya, sebagai organisasi muslim terbesar di Jatim. Dia menyadari bahwa jumlah santri dan pesantren di Jatim mencapai ribuan, bahkan puluhan ribu lembaga. Jika hanya menghadirkan sejuta jemaah untuk memperingati Hari Santri tersebut, kata Gus Aab, rasanya tidak sulit. “Tapi semuanya memang perlu koordinasi,” jelasnya.

Menyinggung peringatan Hari Santri untuk Kabupaten Jember, Gua Aab, telah menyepakati kerja sama dengan UIJ sebagai tuan rumahnya. Hari Sanri di Jember sendiri, kata Gus Aab, akan berlangsung Hari Senin (22/10), di Kampus 2 UIJ, Jl Tidar 19, yang dihadiri lebih dari dua ribu undangan. Sementara jalan sehat santri rencananya akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober, juga diikuti seluruh pondok pesantren, lembaga pendidikan di bawah naungan NU, wakil dari MWC, perwakilan banom NU.

Ketua Panitia Hari Sanri Jember Jasuli MPdI, membenarkan pihaknya ditunjuk menjadi penyelenggara Hari Santri tingkat Jember. “Insya Allah kami sudah mempersiapkan segalanya. Mohon dukungan semua pihak agar sukses dan lancar,” ujar dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UIJ ini.  (c1/sh)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x