Universitas Islam Jember

Tingkatkan Suasana Akademik, Fakultas Tarbiyah Gelar Kuliah Tamu

Dari kiri Dekan Fakultas Tarbiyah Saman Hudi, Pemateri Prof. Abdul Muis Thabrani, dan Wakil Dekan Muhammad Ilyas. / Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

TARBIYAH, www.uij.ac.id – Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember (UIJ) berupaya untuk meningkatkan suasana akademik dengan cara menggelar kuliah tamu. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan langsung yang diisi oleh pakar yang ahli di bidangnya. Biasanya, pada kegiatan semacam ini fakultas mendatangkan dosen dari luar kampus. Hal tersebut dikatakan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Saman Hudi.

Saat dikonfirmasi, dia mengatakan, pihaknya tidak hanya satu ataupun dua kali saja menggelar acara seperti itu. Namun, kegiatan serupa sudah sering dilakukan di fakultas tersebut. Suasana akademik di fakultas tarbiyah akan dikembangkan. “Kalau dulu istilahnya budaya akademik, jadi diantaranya suasana akademik itu ada seminar, kita pernah adakan seminar nasional, kuliah tamu atau praktisi, kemudian bedah buku dan seterusnya,” ujar dia, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jum’at (24/11).

Saat kuliah tamu, biasanya, kata dia, tema yang dibahas ialah sesuai dengan pakar yang didatangkan. Kali ini, pakar yang didatangkan adalah ahli di bidang pengembangan kurikulum yaitu Prof. Dr. H. Abdul Muis Thabrani., MM yang berasal dari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, jadi pembahasannya terkait pengembangan kurikulum. “Diisi langsung oleh mereka yang memang berkompeten dibidangnya,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya kuliah tamu terkait pengembangan kurikulum ini, nantinya mahasiswa ketika sudah mulai untuk terjun lapang sudah sangat paham tentang kurikulum. Sehingga, tidak akan merasa bingung saat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP). “Itu nanti mahasiswa PAI dan PGMI di semester tujuh nanti akan PPL, ketika PPL ya maka sudah harus menguasai kurikulum,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kuliah tamu ini diikuti oleh kurang lebih sebanyak 50 mahasiswa yang terdiri dari prodi PGMI dan PAI.(*)

* Reporter: St. Sholehah / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x