Universitas Islam Jember

Jumlah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIJ Meningkat, Dekan : Ini adalah Tantangan

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah saat menunggu mata kuliah berlangsung, Kamis (06/10). *Foto St Soleha

Jumlah mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember (UIJ) di tahun ini meningkat. Namun sepertinya, hal itu menjadi sebuah tantangan. Sesuai pernyataan Dekan Fakultas Tarbiyah, Nuzzulul Ulum.

Menurut dia, di tahun akademik 2022/2023 jumlah mahasiswa baru di Fakultas Tarbiyah meningkat. Namun, pihaknya merasa mempunyai tantangan untuk bisa mengelola hal tersebut. Sebab, bagaimanapun pihaknya harus mempertahankan jumlah mahasiswa hingga tahun akademik berikutnya supaya tidak menurun. “Ini menjadi tantangan bagi Fakultas Tarbiyah ke depan. Minimal jumlah mahasiswa nanti juga sama dengan tahun kemaren. Jadi, kedepannya juga harus banyak,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (5/10).

Ia membeberkan, banyaknya mahasiswa yang masuk di Fakultas Tarbiyah tak lain karena kepercayaan dari masyarakat. Selain itu, kata Ulum, alumni Fakultas Tarbiyah juga membawa calon mahasiswa baru untuk kuliah di fakultas tersebut. Dan pihak Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang mensosialisasikannya hingga ke luar kota bahkan ke luar pulau. “Tidak hanya di Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, tapi di Madura pun dilakukan sosialisasi,” tuturnya.

Pria yang juga alumni UIJ ini menjelaskan, sistem perkuliahan di Fakultas Tarbiyah masih menggunakan Hybrd. Diantaranya, sebagian melakukan pertemuan tatap muka dan ada juga yang melaksanakan kuliah online. “Dari semester dua sampai tiga dan sebagian dari semester lima itu kuliah tatap muka. Kemudian, untuk semester tujuh sudah dijadwal online,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk ruang kelas kata dia , sudah di atur oleh Universitas supaya bisa digunakan semaksimal mungkin. Dengan ini, perkuliahan bisa dilaksanakan mulai pagi sampai malam. “Rata-rata fakultas tidak menggunakan kuliah malam. Paling malam ya jam tujuh,” tegasnya.

Pihaknya  akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan amanah yang telah diberi kepadanya. Kemudian, ia dan komponen-komponen yang ada di fakultas akan terus berusaha meningkatkan jumlah mahasiswa baik secara offline maupun online. “Jadi, lahir dan batin kami lakukan untuk pertahankan ini,” lugasnya.

Oleh karenanya, dia berharap kedepannya Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Fakultas Tarbiyah ini ditambah. Sebab, saat ini terhitung hanya ada enam orang. Namun, untuk sementara ini mereka masih bisa menangani. ” Kalok misalnya tahun depan tambah banyak, saya harap SDM di fakultas ini ditambah. Ya paling tidak satu atau dua sudah cukup,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jumlah mahasiswa baru di Fakultas Tarbiyah UIJ hingga saat ini terdata sejumlah 304 orang. Diantaranya, program studi (prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 85, dan Pendidikan Agama Islam (PAI) 219.

Pewarta: St Soleha

Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x