Universitas Islam Jember

Florence Nightingale Saat Capping Day dan Ucap Janji Bidan

JANJI: Virda Raudhatul Abna pemeran Florence Nightingale saat membawa lilin untuk pengambilan janji, kemarin (10/11)

FIKES, www.uij.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan menggelar acara Ceremonial Capping Day dan Ucap Janji mahasiswa. Hal ini dilakukan sebelum mahasiswa D3 Kebidanan diterjunkan ke lahan praktik. Acara tersebut berlangsung di Aula Kampus II Universitas Islam Jember Jl Tidar No. 19 Sumbersari, kemarin (10/11).

Florence Nightingale menjadi maskot dalam kegiatan mahasiswa kesehatan itu. Kata Dekan Fikes Dewi Rakhmawati, salah satu mahasiswa sengaja berpenampilan layaknya Florence Nightingale. Ini dilakukan karena tokoh tersebut merupakan pahlawan kemanusiaan di kalangan tenaga kesehatan dan sosok bidadari berlampu yang  berjiwa sosial.

Dewi menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan setiap tahunnya. Menurutnya, adanya tradisi itu ialah untuk meneladani Florence sang penerang dunia kesehatan yang dapat memberikan pelayanan baik pada pasiennya.

Selain itu mahasiswa D3 Kebidanan ini juga mengikrarkan diri di depan Dekan, Ketua Prodi dan Dosen. Ucap Janji biasanya dilakukan sebelum mahasiswa semester tiga memulai kegiatan praktik di lahan. Harapannya lanjut kata Dewi, mahasiswa bisa berhati-hati membawa nama baik diri sendiri maupun institusi.

“Mereka juga harus dapat memberikan pelayanan terhadap pasien dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Sementara itu, pemeran Florence Nightingale Virda Raudhatul Abna mengatakan, dirinya merasa menjadi seperti apa yang diperankan olehnya. Bidadari berlampu yang tiap malam membawa lilin untuk merawat orang sakit.

“Jaman dulu, dalam keterbatasan tetap menjalankan tugas kemanusiaan,” tandasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya
Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x