Universitas Islam Jember

Pesta Demokrasi, KPUM UIJ Gelar Pemilihan Presma dan Wapresma

DEMOKRATIS: Salah satu mahasiswa pemilih usai menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KPUM

UI JEMBER_ Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) menggelar Pemilihan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Islam Jember (UIJ) Masa Bakti 2019-2020. Pesta demokrasi mahasiswa tersebut berlangsung di halaman depan UIJ, Rabu (24/7).  Menurut Ketua KPUM, Muhammad Husen pemilihan Presma dibuka pada pukul 08.00 dan akan ditutup pada pukul 14.30.

Pada pemilihan Presma tahun ini hanya terdapat satu Pasangan Calon (Paslon) Presiden Mahasiswa dan calon Wakil Presiden Mahasiswa. Paslon tersebut adalah, Fathur Rohman (Capresma) dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dengan Andrik Kurniawan (Cawapresma) dari Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Muhammad Husen menjelaskan bahwa sebenarnya ada dua paslon yang mendaftar diri saat pendaftaran kemarin. Namun, kata dia ada satu paslon yang berhasil lulus seleksi syarat calon presma dan calon cawapresma. Sedangkan yang satu lagi gagal berkompetisi karena tidak lulus syarat seleksi. “Satu paslon tersebut tidak lulus seleksi karena IPK-nya tidak memenuhi syarat. Sehingga nantinya paslon yang lulus seleksi akan menghadapi kotak kosong” jelasnya.

Sementara itu pemilihan Presma dan Wapresma pemilihnya dari seluruh mahasiswa aktif di lingkungan UIJ. Menurut Husen pemilih keseluruhan mahasiswa dari enam fakultas yakni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Hukum, serta Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes). “Semua total ada 14 program studi yang akan memilih,” ujarnya.

Selain itu Ketua KPUM mengatakan bahwa sempat ada beberapa kendala. Hal ini karena pemilihan Persma dan Wapresma bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). Namun, kata dia semua bisa diatasi dan pemilihan tetap berjalan dengan lancar. (sug/Humas UIJ)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x