Universitas Islam Jember

Asyiknya Hadiri Hari Santri PWNU Jatim

SIDOARJO: Kafilah dari UIJ menuju lokasi istighotsah kubro dalam rangka Hari Santri di Stadion Delta, Sidoarjo.Foto. Humas Redaksi UIJ

SIDOARJO- Lebih sejuta umat (warga santri nahdliyin) se Jawa Timur membanjiri  Stadion Delta, Sidoarjo, Minggu lalu n (28/10). Acara yang digelar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim tersebut, ddikuti oleh berbagai lembaga pendidikan ndi bawah naungan NU, termasuk delegasi dari Universitas Islam Jember (UIJ).

Pengurus Cabang NU Jember sendiri mengirim sekitar 18 bus, termasuk di dalamnya badan otonomi (Banom)  seperti GP Ansor, Fatayat, kampus UIJ, ISNU dan LP Maarif, dan tentu saja para MWC (Majelis Wakil Cabang) NU dari berbagai kecamatan. Mereka berangkat dari markas masing-masing, sebagian mampir di kantor PCNU Jl Imam Bonjol, dan kumpul di Alun-Alun Tanggul.

Sekitar pukul 23.00, kafilah Jember diberangkatkan oleh Ketua PCNU Jember, DR KH Syamsul Arifin (Gus Aab), menuju Sidoarjo, dengan pengawalan khusus Polres Jember. Dari UIJ sendiri rombongan dikawal oleh Wakil Rektor 1, Drs Moh. Qurtubi, MPdI dan Warek 3 Drs Shodiq Syarif, MSi, Dekan FIKIP Arifin Nur Budiono, MSi, serta pejabat UIJ yang lain. “Kami minta perjalanan aman, tertib, lancar, dan membawa berkah untuk semuanya,” ujar Gus Aab.

Kafilah Jember sampai di lokasi acara sekitar pukul 05.30, namun harus mencari lokasi parker kendaraan yang cukup menyemut, sehingga perjalanan agak lambat. Dari lokasi kawasan Kahuripan, kafilah harus berjalan menuju Stadion Delta sejauh tiga kilometer lebih. Di perjalanan sudah berbaur dengan ribuan kafilah yang lain, yang hampir semuanya berpakaian serba putih. “Alhamdulillah kami dari UIJ bias masuk stadion dan mendapat tempat di lantai (tribun) tiga,” tutur Dekan FKIP, Arifin Nur Budiono, MSi.

Hampir tiga jam seluruh jamaah istighotsah kubro bertahan di stadion, untuk mendengarkan hiburan sholawat, sambutan, dan ceramah dari berbagai ulama sepuh Jawa Timur. Sejumlah pejabat teras Jakarta ikut hadir, antara lain Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Menpora Imam Nachrowi, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Soekarwo, Wagub Saifullah Yusuf, serta Calon Wapres Prof KH Ma’ruf Amin. (sh)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x