Universitas Islam Jember

Seleksi dan Apresiasi PKM, Universitas beri Insentif untuk Proposal Berkualitas

Suasana Seleksi dan Apresiasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun anggaran 2022 di Aula Ulum AA Universitas Islam Jember (UIJ). *Foto: Sugeng Hadi Wijaya

UIJ, www.uij.ac.id – Seleksi dan Apresiasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun anggaran 2022 di lingkungan Universitas Islam Jember (UIJ) oleh bagian kemahasiswaan. Kegiatan itu berlangsung di Aula Ulum A.A (24/1).

Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan dan Alumni Achmad Ilyasi menjelaskan, tujuan diadakannya acara itu untuk menindaklanjuti kegiatan workshop PKM beberapa bulan lalu. Menyeleksi proposal berkualitas yang nantinya diunggah di tingkat nasional. “Hari ini kita seleksi internal,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Ilyas menegaskan bahwa dari 38 proposal yang telah diseleksi, yang lolos nanti akan diapresiasi dengan pemberian insentif berupa biaya dari universitas. Tujuannya, guna membuat mahasiswa lebih bersemangat dan tertarik untuk mengikuti program PKM tiap tahun. “Ada sekitar 15 sampai 20 proposal,” tegasnya

Jadi, lanjut dia, peserta yang mengumpulkan proposal diminta agar mempresentasikan, kemudian dinilai sejauh mana kualitas dan produktivitas dari isi proposal itu. Lalu mahasiswa yang telah dibiayai nanti dapat memperbaiki proposalnya sambil menunggu  panduan PKM tahun anggaran 2022.

Ia juga menuturkan, pihaknya sudah mendatangkan tiga reviewer. Salah satunya memang sudah menekuni dibidang tersebut, dan dosen pembimbing yang pernah lolos PKM.

Ilyas menambahkan, meskipun yang masuk seleksi tingkat universitas hanya tiga puluh delapan proposal, tapi pihaknya tetap membuka peluang bagi mahasiswa yang berminat untuk membuat proposal PKM ketika panduan 2022 sudah keluar. “Kita akan melakukan workshop adendum, membuka kembali agar mahasiswa menyusun proposal,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor I Moh. Qurtubi berharap agar kebijakan ini dijadikan motivasi baik bagi mahasiswa yang lainnya. “Karna ini akan membawa nama mahasiswa dan lembaga,” tandasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x