Universitas Islam Jember

UIJ Tingkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa Disabilitas

DISABILITAS: Nova Wardani, salah satu mahasiswa disabilitas Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merasa semakin mudah karena disediakannya beberapa fasilitas.

UI Jember_Universitas Islam Jember (UIJ) semakin memperhatikan mahasiswa penyandang disabilitas. Hal tersebut dibuktikan dengan dibangunnya beberapa fasilitas untuk mahasiswa penyandang berkebutuhan khusus. Diantaranya akses jalan, kursi roda, dan lain sebagainya.

            Kepala Bagian Perlengkapan UIJ, Idhotun Nasihin, S.Pd.I., MM, mengatakan bahwa beberapa fasilitas khusus memang sudah dilengkapi. Hal ini lakukan karena adanya beberapa penyandang disabilitas di UIJ. “Setidaknya akses jalan mereka kita fasilitasi terlebih dahulu. Ini untuk mempermudah proses kuliah mereka,” katannya kepada Humas UIJ, kemarin (3/1).

            Menurut Idhotun beberapa fasilitas lagi akan disediakan oleh pihak perlengkapan UIJ. Misal kata dia, kursi roda dan beberapa alat penunjang yang dibutuhkan. “Baik di kelas maupun diluar kelas nanti kita akan siapkan,” ujarnya.

            Selain itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Ahmad Ilyasi, S.Pd., M.Ap menegaskan bahwa mahasiswa disabilitas yang kuliah di UIJ akan lebih diperhatikan terkait pelayanan dan kesejahteraannya. Selama ini kata dia, kurang lebih ada tiga mahasiswa disabiltas UIJ.

Tidak hanya itu, UIJ kata Ilyasi akan menyediakan beberapa beasiswa seperti bidikmisi disabilitas, beasiswa yayasan, Peningkatan Prestasi Akademik, dan beasiswa lainnya. “Asalkan persyaratan akademiknya memenuhi syarat yang telah ditentukan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa penyandang kebutuhan khusus, Nova Wardani menyatakan bahwa dia merasa nyaman dengan adanya beberapa fasilitas yang dibuat oleh kampus. Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris tersebut meyampaikan bahwa kursi roda yang dipakai juga sudah tidak layak. Sehingga dia bersyukur jika UIJ sudah mulai memperhatikan mahasiswa yang sepertinya. (Sug)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x