Universitas Islam Jember

Mahasiswa UIJ ini Kembangkan Usaha Budidaya Ikan Channa Hingga Bisa Ikut KMI Expo

Mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) mengikuti ajang kompetisi wirausaha mahasiswa seluruh Indonesia yang dikenal dengan istilah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo. / Sumber foto istimewa

UIJ, www.uij.ac.id – Salah satu usaha mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ), Budidaya Ikan Channa beberapa bulan lalu berhasil lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Tentu saja, dengan adanya dana bantuan tersebut, usaha itu berjalan dan berkembang hingga bisa mengikuti ajang kompetisi wirausaha mahasiswa seluruh Indonesia yang dikenal dengan istilah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo.

Saat dikonfirmasi, salah satu anggota kelompok usaha budidaya ikan channa Lilis Lufita Sari menceritakan bahwa, usaha tersebut sebenarnya sudah ada sebelum pengajuan proposal P2MW beberapa bulan yang lalu. “Kita pengusulannya itu usaha berkembang,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa (21/11).

Terlihat, usaha tersebut cukup berkembang setelah adanya program bantuan P2MW. Sebab, sebelumnya usaha itu sangat sederhana. Kata Lilis, jika, sebelumnya hanya ada ikan channa konsumsi kini bertambah ikan channa hias. Dan yang awalnya hanya diproduksi ketika ada orang yang mau beli saja, namun saat ini pihaknya sudah dapat membudidaya sendiri ikan-ikan tersebut. “Dulu kita Cuma bergerak di bidang konsumsi saja, dan itupun kita membeli ikan yang sudah besar dari pemancing lalu dijual lagi sampai pada akhirnya kita budidaya sendiri,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, dengan berkembangnya usaha tersebut pihaknya dapat mengikuti KMI Expo 2023 yang digelar di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pekan lalu. Walaupun, katanya, bukan dari kelompok mereka langsung yang mendaftarkan. Namun, ia merasa senang, sebab pihaknya berkesempatan untuk memperkenalkan usaha Budidaya Ikan Channa.

Oleh karena itu, ia berharap kedepannya agar usaha Budidaya Ikan Channa ini dapat seterusnya berlanjut dan lebih maju lagi. Selain itu, ia juga menginginkan adanya usaha tersebut bermanfaat bagi banyak orang. “Semoga bisa bermanfaat untuk anggota tim dan juga orang lain,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x