Universitas Islam Jember

UIJ Terapkan AI di Proses Pembelajaran, Kepala LP3M: Sesuaikan dengan Etika Akademis

Ilustrasi by google.com

UIJ, www.uij.ac.id – Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, penting bagi dosen di lingkungan UIJ untuk bisa memanfaatkannya dalam proses perkuliahan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UIJ Anis Rofi Hidayah, Jumat (6/10).

Menurutnya, penggunaan AI mudah diakses dan banyak digunakan mahasiswa. Hal ini, lanjutnya, merupakan potensi yang menjanjikan, terutama untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.

Selain itu, kata dia, AI juga mampu memberikan pembelajaran secara personal dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Bahkan, dosen bisa menyediakan pembelajaran yang lebih terarah. “Bisa menyesuaikan juga dengan gaya belajar mahasiswa,” ujarnya.

Kendati demikian, perempuan yang pernah menjabat sebagai Kabag. Akademik ini berpesan agar penggunaan AI disesuaikan dengan etika akademik. “Dosen bisa mengarahkan mahasiswa bagaimana memanfaatkan AI sesuai etika akademik,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk merangkul penggunaan AI dalam perkuliahan, dosen harus memahami risikonya. “Butuh upaya dari semua stakeholder, dosen harus punya pelatihan dan akses tentang pemanfaaatan AI dengan benar,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Soleha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x