Universitas Islam Jember

UIJ Terjunkan Mahasiswa KKN dan PPL di Thailand

Wakil Rektor II Nanang Tri Budiman, saat menyerahkan cindera mata. *Foto Istimewa

THAILAND, www.uij.ac.id – Universitas Islam Jember (UIJ) mengutus tiga mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) di Thailand Selatan. Program tersebut merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh UIJ dengan Abroad Alumni Association of Southern Border Provinces Thailand pada tahun 2018 lalu. Hal itu dikatakan oleh Wakil Rektor II UIJ, Nanang Tri Budiman, Kemarin (3/11).

Ketiga mahasiswa yang mengikuti program KKN/PPL di Thailand, diantaranya, Hesti Warokah prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Putri Dwi Lestari prodi Pendidikan Matematika, dan Kusuma Rani dari prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Menurutnya UIJ memang sudah melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga di Provinsi Pattani, Thailand. Kemungkinan lanjut dia, ada data positif yang dirasakan perkembangannya oleh pihak terkait. Sehingga, salah satu pengurus yang mengikuti program di tempat itu meminta UIJ untuk mengikutsertakan mahasiswanya melakukan kegiatan tersebut. “Jadi, sudah ada MoU sebelumnya,” ujarnya.

Dalam hal ini UIJ mendapat jatah sebanyak lima orang. Sebelumnya, pihak kampus telah menyampaikan secara terbuka kepada dekan dan ketua program studi (prodi) untuk merekomendasikan mahasiswa yang dapat mewakili instansi. Sehingga, hasil akhirnya, ada tiga mahasiswa yang sanggup mengikuti KKN/PPL Internasional ini. “Mulai Pengumuman, tes, sudah dilakukan oleh kemahasiswaan,” lugasnya.

Pria yang juga dosen di fakultas hukum ini memaparkan, kegiatan itu akan berlangsung selama satu bulan. Di sana mahasiswa UIJ akan mengajar dan ditempatkan di dua sekolah, yakni, Sekolah Darussalam Al Ilmiah dan Santiwit Shongkla Technological College. Selain itu, mereka juga membimbing secara private untuk belajar Bahasa Indonesia di malam hari.

Tidak hanya itu, mahasiswa yang mengikuti kegiatan itu akan dikonversikan ke Sistem Kredit Semester (SKS)-nya. Sehingga, mereka dapat diakui telah melakukan kegiatan KKN sama seperti mahasiswa di kampus. “Sudah kita rapatkan dengan LP2M dan fakultas,” katanya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya akan memperpanjang MoU yang telah dilakukan tersebut secara berkelanjutan. Seperti, UIJ mengirim mahasiswa mengikuti KKN/PPL ke Thailand, begitu juga sebaliknya pihak lembaga sekolah di Thailand mengirim siswanya ke UIJ untuk kuliah “Dua, tiga bulan kedepan ada permintaan lagi dari lembaga di Shongkla. Mulai dari tingkat dasar hingga SMA, beberapa organisasi yang menginginkan tindaklanjut perpanjangan,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia berharap dengan UIJ mengembangkan kerjasama ini, dapat bermanfaat bagi mahasiswa, dan memberi nilai tambah bagi lembaga. “Kerja sama Internasional akan menambah nilai lembaga apabila melakukan penilaian, akreditasi, dan lain-lain,” pungkasnya.(*)

Pewarta: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
B Zamroni
B Zamroni
1 year ago

Program bagus yg harus terus dilanjutkan, dievaluasi dan perlu ditambah lagi mahasiswanya supaya kualitas mahasiswa baik semasa masih kuliah maupun setelah lulus nantinya punya kemampuan dan pengalaman yg lebih.????????????

error: Konten dilindungi ...
2
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x