Universitas Islam Jember

Dinobatkan Pelopor Pendidikan, Rio Ternyata Mahasiswa Pertanian

PELOPOR: Rio Hari Setiawan pemenang juara satu pemilihan pemuda pelopor Kabupaten Jember.

Humas_Rio Hari Setiawan dinobatkan sebagai pemuda pelopor bidang pendidikan di Kabupaten Jember. Penobatan tersebut didapatkan setelah Rio menjuarai ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Kabupaten Jember Tahun 2021 oleh Dinas Pemuda dan Olahraga.

Rio mengalahkan dua lawannya di tiga besar kategori Pemuda Pelopor Kab. Jember Bidang Pendidikan. Saat dikonfirmasi, Senin (7/6) Rio mengatakan bahwa yang dia angkat adalah pendidikan karakter pada anak melalui sepak bola. “Khususnya sepak bola usia dini,” ujarnya.

Jelasnya, kata Rio, berkarya tidak boleh terbatas dengan apapun, termasuk keadaan. Walaupun dirinya merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian. “Saya memilih sepak bola karena olahraga sepak bola merupakan olahraga rakyat dan kebetulan hobi juga,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Rio akan mengembangkan pola pendidikannya dalam dunia sepak bola. Apalagi, katanya potensi sepak bola Jember akan meningkat dengan adanya Liga Askab PSSI Jember. Hal ini akan mempermudah untuk menumbuhkan munculnya talenta-talenta sepak bola Jember.

Metode yang digunakannya dalam pendidikan sepak bola adalah Filanesia (Filosofi Sepak Bola Indonesia). Serta pengembangan pendidikan karakter religius, disiplin, menghargai, toleransi dan tangguh. “Saya mengangkat tema Upaya Penerapan dan Pengembangan Pendidikan Karakter pada Anak melalui Pembinaan Sepak Bola Usia Dini di Kabupaten Jember,” kata Rio.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian, Hikmatul Lutfiah membenarkan bahwa Rio adalah mahasiswa aktif di Prodi Agribisnis. Selanjutnya, kata dia, Rio tercatat sebagai mahasiswa dengan IP di atas rata-rata. “Poin penting dari Rio yang tidak semua mahasiswa punya, yakni etika terhadap dosennya,” tandasnya.(*)

Reporter: Sugeng Hadi Wijaya

Fotografer: Beby Alfin Naby

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x