Universitas Islam Jember

Puluhan Mahasiswa Hukum Diyudisium, Dekan Ingin Mahasiswa Jadi Entrepreniur

Acara yudisium Fakultas Hukum di Aula Kampus II UIJ.*Sumber foto istimewa

HUKUM, www.uij.ac.id – Puluhan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Jember (UIJ)  diyudisium. Mereka dinyatakan sudah memenuhi persyaratan akademik dan administratif yang diwajibkan.

Dekan Fakultas Hukum Suphia menginginkan mahasiswanya ketika sudah lulus, menjadi seorang entrepreneur (wirausahawan). Sehingga, pihaknya memberi arahan serta menganjurkan kepada mereka supaya berwirausaha. “Saat ini lagi buming, wirausaha buka konsultan hukum,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (28/1).

Ia juga menghimbau kepada mahasiswa hukum agar tidak selalu memprioritaskan profesi dari jurusan hukum. Sebab, menurut dia, untuk menjadi seorang penegak hukum masih perlu banyak biaya lagi. Sehingga, tidak heran jika saat ini, banyak lulusan sarjana hukum yang  enggan terjun sesuai bidangnya.

Suphia juga mengatakan, jika mahasiswa hanya terfokuskan dengan profesi  jurusan hukum untuk menjadi seorang pegawai negeri. Khawatir, akan memberi rasa kecewa diakhir. Sebab, persaingan untuk bergelut dibidang tersebut sangat ketat. “Apalagi sekarang penerimaan pegawai itu setahun sekali aja belum tentu,” terangnya.

Apalagi untuk menjadi orang yang sukses, kata Suphia, tidak harus bekerja kepada orang lain. Sekarang banyak yang sukses karena berwirausaha.

Ia mengatakan, pihaknya hanya menekankan hal itu kepada mahasiswa kelas A. Sebab, dikelas B mayoritas sudah menjadi pekerja. “Kelas karyawan,” tegasnya.

Meskipun demikian, suphia juga berharap nantinya mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan. “Yang namanya sekolah itu tidak harus berhenti di S-1 saja,” tandasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x