Universitas Islam Jember

Berbisnis dengan Allah, Faperta Ngaji Tani

NGAJI: Dari kiri Anwar Dimyati (Narasumber), H. Abdul Hadi (Rektor UIJ), dan Mawardi (Dekan Faperta) dalam kegiatan ngaji tani di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Selasa (17/11)./Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

Berbisnis tidak semata-mata dengan manusia saja, namun dengan Allah juga bisa menjalin bisnis. Hal itu yang menjadi perbincangan di acara ngaji tani Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Jember (UIJ). Acara berlangsung di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Kemarin (17/11).

Dalam acara tersebut dihadirkan Anwar Dimyati sebagai narasumber. Pria lulusan FISIP UIJ tersebut mengatakan, petani harus dibekali cara mengelola dan memasarkan hasil tani. “Memiliki hubungan baik dengan Allah sebagai pencipta alam,” ujarnya.

Anwar menegaskan bahwa dalam pemasaran hasil tani, kepuasan konsumen adalah prioritas. Karena kata dia, pelanggan adalah sumber finansial satu-satunya. Semua aktifitas seperti kualitas, produksi, dan pemasaran hasil tani tujuan akhirnya adalah kepuasan konsumen.

Sementara itu, diwawancarai terpisah, Dekan Fapert Mawardi mengatakan ngaji tani berawal dari kegiatan magang mahasiswa di PT Agro Hikmah Sejahtera. Harapannya kata dia, untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa di lapangan. “Selama ini mahasiswa masih terlalu banyak mendapatkan aspek teori dan minim praktek,” katanya.

Sehingga lajut Mawardi, untuk memantabkan pemahaman mahasiswa dilakukan penguatan melalui ngaji tani. Oleh karenanya diundang pemilik pemilik PT. Agro Hikmah Sejahtera sebagai narasumber. Sehingga mahasiswa punya bekal semangat untuk bisa dan mau mencintai pertanian.(*)

Pewarta: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x