Universitas Islam Jember

Mahasiswa UIJ Bebas Penyakit Tidak Menular

MAWAS: Petugas dari Puskesmas Kaliwates saat melakukan pemeriksaan terhadap salah satu pegawai Universitas Islam Jember, kemarin (12/10)

            Humas_UI Jember: Hasil pemeriksaan puskesmas kaliwates menyatakan Mahasiswa UIJ bebas penyakit tidak menular. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Program PTM (Penyakit Tidak Menular) Puskesmas Kaliwates, Ellya Mulyaningsih. Pernyataan tersebut disampaikan setelah dilakukan pemeriksaan gratis, kemarin (12/10) di Universitas Islam Jember (UIJ).

            Pemeriksaan tersebut menurut Ellya menyatakan bahwa sebagian mahasiswa UIJ bebas penyakit menular. Diantaranya adalah Diabetes, Asam Urat, Kolesterol, Hipertensi dan lain sebagainya. “Hasil tadi seperti kencing manis dan asam urat misal, tidak ada mahasiswa yang memiliki penyakit itu,” ujarnya saat ditemui.

            Tes yang dilakukan tidak hanya terhadap mahasiswa saja, namun sebagian dari karyawan dan dosen. Sebagian dari karyawan dan dosen kata Ellya terdapat satu atau dua yang memiliki kolesterol. “Mungkin karena kurang olah raga dan control makanan saja. Namun kolesterolnya masih tergolong biasa, tidak parah,” katanya.

            Sebagai tolah ukur, menurut Ellya untuk kolesterol ukurannya adalah angka 200. Begitu juga dengan gula darah, lanjutnya. “Dari hasil tadi rata-rata ada dikisaran seratus angkanya. Jadi tergolong normal,” tegasnya.

            Selain itu untuk mencegah dan mengatasi penyakit tidak menular dapat dilakukan dengan CERDIK (cek kesehatan teratur, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang dan kelola stres dengan baik). (Sug/Nuz)

 

Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x