Universitas Islam Jember

Rektor UIJ: Kampus Ini Harus Berbasis Bahasa Inggris

Khusyuk: Rektor UIJ Drs. H. Abdul Hadi, S.Pd SH MM (tengah) bersama Dekan FKIP Arifin Nur Budiono, S.Pd M.Si (kanan) dan Dewantoro Ratri, Narasumber (kiri) di Aula Miftahul Ulum UIj, Kemarin (9/10)

Humas_UI Jember: Rektor Universitas Islam Jember (UIJ) Drs. H. Abdul Hadi, S.Pd SH MM mengatakan bahwa UIJ ke depan harus berbasis Bahasa Inggris. Pernyatan tersebut disampaikan olehnya saat memberi sambutan di acara One Day Workshop on Akademic Teks Translation di Aula Miftahul Ulum, kemarin (9/10).

Bukan hanya bahasa inggris, Rektor UIJ juga menginginkan penggunaan bahasa arab. Apalagi menurutnya UIJ sering mendapat kunjungan tamu dari luar negeri. Bahkan mahasiswa UIJ menurut dia ada yang dari luar negeri.

 “Tidak hanya itu, kita kan ada program PPL dan KKL di luar negeri. Setidaknya kalau mahasiswa rata-rata bisa berbahasa asing, kita bisa memperluas jaringan,” ungkapnya saat ditemui.

Sementara itu dalam kegiatan One Day Workshop on Akademic Teks Translation juga dihadiri oleh beberapa dekan dan kepala bagian. Tidak hanya mereka, terdapat juga dosen dan mahasiswa dari luar UIJ yang ikut serta dalam workshop. Misal dari Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo dan lain sebagainya.

Sebagai pembicara workshop tersebut dinarasumberi oleh Dewantoro Ratri dari Asosiasi Penerjemah Indonesia. Dalam acara tersebut pemateri memberikan wawasan terkait dunia penerjemahan baik dari segi ilmu akademis, bisnis dan media penerjemahan. “Biar para akademisi tidak tergantung dengan Google Translate,” ujar Dewantoro Ratri.

Selain itu Ketua Panitia, Nur Maulida mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meninggkatkan kemampuan menerjemahkan dari bahasa indonesia juga sebaliknya. Tujuan akhir setelah mengikuti workshop ini, kata dia diharapkan para peserta dapat mempraktekkan langsung dan mengaplikasinkan ilmu yang didapat dalam bidang yang digelutinya. (Sug/Nuz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x