Universitas Islam Jember

Tularkan Jiwa Entrepreneur, Ka Prodi MBS Ajak Mahasiswa Memulai Wirausaha

Suasana Bazar FEBI UIJ di halaman Kampus II, kemarin (6/12). / Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

FEBI, www.uij.ac.id – Banyak orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, namun juga menjadi seorang entrepreneur. Seperti salah satu dosen di Universitas Islam  Jember (UIJ), Khittah Ashilah. Perlu diketahui, dia adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sekaligus Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS). Namun, disisi lain ia juga merupakan seorang pebisnis.

Menurutnya awal mula menjadi seorang pebisnis ialah sejak tahun 2012, sebelum menjadi dosen di UIJ. Ia mengaku, bisnis yang dia jalani ini berawal dari hobi yang ia miliki. “Saya sebagai dosen melakukan wirausaha ini awalnya bukan dari kebutuhan, tapi dari hobi. Nah, saya punya hobi masak saya arahkan ke dunia bisnis,” ujarnya saat diwawancarai di halaman kampus II, UIJ, kemarin (6/12).

Kata dia menjadikan hobi sebagai ladang usaha itu sangat menyenangkan. Sebab, dengan begitu akan menghasilkan income untuk diri sendiri, menambah keuangan dan juga dapat meningkatkan skill yang dimiliki. Oleh karena itu, wanita yang akrab disapa Kikit ini mencoba menularkan jiwa entrepreneurnya kepada mahasiswa untuk memulai menjadi seorang wirausaha dengan menggelar bazar di kampus. “Saya itu ingin memotivasi anak-anak agar bisa seperti saya juga, makanya ada bazar yang lingkup pemasarannya skala kecil. Jadi mereka berjualan di halaman kampus,” lugasnya.

Dia juga menekankan kepada mahasiswa jika ingin berwirausaha, supaya menggunakan bahan yang murah tapi dapat merubah nilai jual menjadi tinggi. “Seperti tempe, cuma dua ribu rupiah, tapi kalau kita olah tempe jadi sesuatu yang berinovasi dengan resep khusus, jadi tempe itu bisa bernilai tinggi. Misalkan tempe jadi isi onigiri, tempe jadi burger tempe,” jelasnya

Ia juga mengaku, telah mengajari mahasiswa bahwa berwirausaha tidak harus berbakat. Namun, wirausaha itu dari skill dan menurutnya, soal kemampuan itu bisa dilatih. Tidak hanya itu, dia juga mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak hanya berencana saja, akan tetapi juga harus bertindak dan melangkah. “Berwirausaha itu harus ada kemauan, tidak harus berbakat dan wirausaha itu sangat menyenangkan begitu,” tuturnya.

Oleh karenanya ia berharap, nantinya mahasiswa dapat konsisten dalam berwirausaha agar dapat meningkatkan perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang-orang disana. “Jadi saya itu pengen mahasiswa terus belajar untuk meningkatkan skill mereka dan pastinya akan menjadi income pemasukan di perekonomian mereka,” pungkasnya.

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

#uijjember #universitasislamjember

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x