Universitas Islam Jember

Praktik Komunitas, Dekan Fikes: Mahasiswa Harus Beri Warga Edukasi

Mahasiswa Kebidanan Fikes UIJ saat mengunjungi masyarakat. / Sumber foto istimewa

FIKES, www.uij.ac.id – Jika mahasiswa fakultas-fakultas lain di Universitas Islam Jember (UIJ) harus menuntaskan salah satu mata kuliah (matkul) yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) maka, di fakultas kesehatan UIJ mahasiswa harus menyelesaikan matkul Praktik Komunitas. Tentunya, kedua matkul ini tidak jauh berbeda secara teknis, hanya saja lingkup praktik komunitas di Fikes ini fokus terhadap kesehatan ibu dan anak. Salah satu program kerja yang harus dilakukan mahasiswa Fikes terkait hal itu adalah memberi edukasi kepada warga setempat. Sesuai yang dikatakan oleh Dekan Fikes, Dewi Rakhmawati.

Kata dia, mahasiswa Fikes fokus mendata kesehatan ibu dan anak. Namun, jika hal itu sudah terlaksana, mahasiswa dapat bermusyawarah dengan warga setempat untuk menampilkan hasil pendataan dan permasalahan yang terjadi serta mencari solusi untuk memecahkan masalah yang ada. Menurutnya, sebagai seorang mahasiswa, tentunya mereka juga harus memberi edukasi kepada warga agar kedepannya terhindar dari permasalahan yang telah terjadi.

“Permasalahan pada kesehatan ibu dan anak didesa itu akan diberi penanganan sesuai kapasitas mahasiswa yaitu memberikan edukasi,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin (6/12).

Hal itu dilakukan, agar di desa tempat praktik komunitas mahasiswa fikes tersebut ada perubahan serta peningkatan kesadaran, pemahaman dari masyarakat sekitar terkait kesehatan ibu dan anak. “Biar derajat kesehatan di wilayah tersebut bisa meningkat,” tegasnya.

Dewi juga menjelaskan, mahasiswa fikes harus mengaplikasikan teori yang sudah didapatkan di kampus supaya dapat bersumbangsih di wilayah tersebut. “Materi yang sudah dimiliki bisa diaplikasikan,” lugasnya.

Mahasiswa Fikes itu, lanjutnya, harus mencoba memperagakan menjadi seorang bidan di desa. Oleh karena itu, mahasiswa harus benar-benar mengimplementasikan ilmu dan menjalankan tugasnya sebagai seorang mahasiswa dengan sebaik-baiknya agar ilmu yang telah didapat saat perkuliahan dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. “Bisa menebar manfaat disana, begitupun sebaliknya,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

 

#uijjember #universitasislamjember

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x