Universitas Islam Jember

Bazar Produk Mahasiswa FEBI, Ka Prodi MBS: Tingkatkan Skill Wirausaha

Mahasiswa FEBI menggelar bazar produk aneka makanan dan minuman hasil olahan sendiri di depan halaman kampus II UIJ, kemarin (6/11). / Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

FEBI, www.uij.ac.id – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Jember (UIJ) yang terdiri dari program studi (prodi) Manajemen Bisnis Syariah (MBS) dan Ekonomi Syariah (EKS) menggelar bazar produk aneka makanan dan minuman hasil olahan sendiri di depan halaman kampus II UIJ, kemarin (6/11).

Ketua Prodi MBS Khittah Ashilah mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa dari dua prodi tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill kewirausahaan mahasiswa. Selain itu, hal tersebut juga menyesuaikan kurikulum terbaru milik Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menganjurkan agar mahasiswa berwirausaha.

“Jadi ini adalah gabungan dua prodi MBS sama EKS yang di akhir perkuliahan diprogramkan untuk membentuk mahasiswa untuk menjadi wirausaha,” ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, mahasiswa dapat berinovasi tentang bagaimana cara membuat produk, packaging yang baik, promosi, hingga bisa menentukan harga jual. “Jadi awalnya mereka tuh mengumpulkan bisnis plan terlebih dahulu, kemudian baru direalisasikan lewat bazar kewirausahaan ini dengan produk yang akan mereka pasarkan pada konsumen,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa bazar produk oleh mahasiswa tersebut rutin diadakan setiap tahun. Sebab, bazar menjadi capaian pembelajaran pada salah satu mata kuliah, yaitu kewirausahaan. Bahkan, tiap tahun, pasti ada peningkatan yang berbeda-beda. “Kan aku ngajarnya dari angkatan 2017 sampe sekarang, semakin tahun bazarnya tuh semakin meningkat bentuk produk dan kemampuan skillnya anak-anak meskipun sudah berbeda angkatan,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, beberapa mahasiswa yang pernah mengikuti bazar tersebut, sampai saat ini masih konsisten melakukan penjualan. Bahkan, ia mengaku, jika di fakultas ada tamu dari luar, pihaknya memesan produk mahasiswa tersebut untuk dijadikan oleh-oleh. “Angkatan sebelumnya terus berjualan sampai sekarang contohnya ada brownis terus ada sambel kemasan botol itu,” tegasnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar mahasiswa terus bersemangat untuk meningkatkan skill kewirausahaan. Karena, menurut dia, dengan hal tersebut mahasiswa dapat membantu meningkatkan perekonomian bangsa, serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang yang membutuhkan. “Setidaknya mahasiswa harus terus belajar untuk meningkatkan skill mereka dan pastinya akan menjadi income diperekonomian mereka,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

 

#uijjember #universitasislamjember

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x