Universitas Islam Jember

Pascasarjana UIJ Berkembang, Direktur: Akan Ada Beasiswa Tahfidz

PASCASARJANA, www.uij.ac.id – Pascasarjana Universitas Islam Jember (UIJ) mengalami perkembangan yang luar biasa. Salah satunya, akan ada program beasiswa tahfidz. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Pascasarjana UIJ, Ahmad Halid.

Kata dia, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi (pemprov) di tahun akademik yang akan datang untuk mendapatkan kouta beasiswa tahfidz. “Insha Allah di tahun ini, 2024-2025 UIJ dapat jatah beasiswa tahfidz,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jum’at, (1/12).

Menurutnya, beasiswa tersebut masih dalam tahap pengajuan. Namun, sudah mendapatkan respon dari tim pemprov, dan kemungkinan tidak akan lama lagi akan direalisasikan. “Kita sudah mengajukan, sudah direspon dan masih nunggu. Insha Allah di pebruari ini akan di dok data beasiswa pasca ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, kouta yang diberikan nantinya ialah sebanyak 25 mahasiswa. Namun, ia berharap agar pemprov dapat memberikan kouta tambahan. “Mudah-mudahan diberikan lebih oleh pemprov,” tegasnya.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, tentunya harus memenuhi beberapa syarat. Salah satu diantaranya adalah harus hafal Al-Qur’an minimal 15 Jus. Selain itu, syaratnya juga harus bisa baca kitab kuning. “Ya harus tahfidz minimalnya 15 Juz, dan mampu baca kitab kuning. Ada dua pilihan untuk kitab kuningnya nanti kemungkinan Fathul Qarib dan Fathul Mu’in,” lugasnya.

Namun, meski begitu, kata dia jika tidak mampu keduanya. Maka, bisa menggunakan salah satunya. “Kalau misalnya kurang kemampuan di baca kitab kuning, tetapi kita akan mengambil di tahfidznya,” tuturnya.

Oleh karena itu, dia mengaku, akan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait adanya beasiswa tersebut. “Kita akan memberikan sosialiasi kepada msyarakat utamanya kaum nahdliyin yang sudah menghafal 15 juz,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x