SEJARAH PENDIRIAN UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

SEJARAH PENDIRIAN UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

Pendirian Perguruan Tinggi Islam di Jember oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember diprakarsai oleh para ulama dan Cendekiawan Nahdlatul Ulama Jember yang tegabung dalam Ikatan Sarjana Islam Indonesia (ISII) dan tertuang di dalam salah satu program Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember periode 1983-1986. Melalui Musyawarah Cabang pada tanggal 5 Oktober 1983 disepakati bahwa akan didirikan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama dengan nama Universitas Islam Jember (UIJ) pada tahun akademik 1984/1985 dengan 5 (lima) fakultas, yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Tarbiyah dengan menetapkan dan mengesahkan pendiri Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama Jember. Dengan bermodalkan sebidang tanah dan bangunan seluas 1.000 m2 (seribu meter persegi) di Jalan Semeru 5 (Kantor NU Cabang Jember) dan 2 (dua) bidang tanah seluas 1,5 Ha di Jalan Kyai Mojo, Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama Jember menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diawali dengan kuliah perdana oleh K.H. Achmad Siddiq dengan tema “Sikap Sosial Ahlussunnah Wal Jama’ah dan dilanjutkan dengan perkuliahan di Kantor NU dan menumpang di Aula Masjid Jamik Lama Al Baitul Amien Jember. Baru pada tahun 1987 perkuliahan dilakukan di tempat yang lebih representatif dan layak untuk menyelenggarakan proses belajar dan mengajar, yaitu di gedung baru Universitas Islam Jember Jl. Kyai Mojo Jember

Universitas Islam Jember didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama Jember pada tahun akademik 1984/1985, dengan membuka 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Tarbiyah. Dengan suasana yang mantap, pengurus cabang Nahdlatul Ulama Jember dan para sesepuh NU serta para sarjana yang tergabung dalam ISII menyelenggarakan musyawarah tanggal 5 Oktober 1983, bersepakat untuk:

  1. Mendirikan perguruan tinggi Nadhlatul Ulama dengan nama Universitas Islam Jember (UIJ) pada tahun akademik 1984/1985, dengan membuka 5 (lima) fakultas : Pertanian, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Tarbiyah.

  2. Menetapkan dan mengesahkan pendiri Yayasan Nadhlatul Ulama Jember yaitu K.H. Dzofir Salam, KH. Ali Yasin, H. Moh. Soewardi, Ir. Bambang Gonggo Murtjitro, dan H. Abd. Kadir Djaelani. Para pendiri ini diberi wewenang penuh untuk mempersiapkan dan mengelola serta mengambil kebijaksanaan dalam kaitannya dengan Universitas Islam Jember yang akan didirikan.

Perkembangan selanjutnya, dalam bulan Juli 1984 para pendiri Universitas Islam Jember bermusyawarah dan menetapkan:

  1. Mengangkat Drs. Ulum AA, selaku pejabat rektor;

  2. Mengangkat Ir. Bambang Gonggo Murtjitro, Drs. Syaiful Islam MCH. dan Drs. M.Achjat, masing-masing selaku Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor II dan Pembantu Rektor III.

Upacara peresmian pembukaan Universitas Islam Jember dilaksanakan pada tanggal 14 September 1984, bertempat di Gedung/Aula Serbaguna Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Jember, yang antara lain hadir dan memberikan sambutan:

  1. Rektor Universitas Islam Jember.

  2. Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Jember, yang sekaligus meresmikan pembukaan Universitas Islam Jember;

  3. K.H. Acmad Shiddiq dengan kuliah perdananya yang diberi judul “Sikap Sosial Ahlussunnah Wal Jama’ah“.

Dalam perkembangannya Universitas Islam Jember (UIJ) pada tahun 1986 fakultas-fakultas di lingkungan Kopertis Wilayah VII mendapatkan status terdaftar dengan SK. Mendikbud Nomor: 0509/0/1986 dan pada tahun 1989 Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember mendapatkan status Terdaftar dari Menteri Agama RI dengan SK Menag RI No. 47/1989.

Sesuai dengan perkembangan zaman khususnya di lingkungan perguruan tinggi dan dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat untuk membuka jurusan baru dan meningkatkan status, maka Universitas Islam Jember pada tahun 1990 mendapatkan status DIAKUI dari Mendikbud untuk sepuluh jurusan, yaitu: Hukum Perdata, Hukum Pidana, Adm Negara, Adm Niaga, Budidaya Pertanian, Sosek Pertanian, PPB/BP dan status terdaftar untuk jurusan baru yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi.

Perkembangan terakhir Universitas Islam Jember hingga Tahun 2017 adalah sebagai berikut:

Tabel 1. Daftar Fakultas dan Program Studi

Beserta Status Akreditasi

NO.

FAKULTAS

PROGRAM STUDI

NOMOR SK BAN-PT

STATUS

1

Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

192/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/IX/2013

B

PGMI

1624/SK/BAN-PT/AKRED/S/VIII/2016

B

2

FKIP

Pend. Bahasa Inggris

2387/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2016

B

Pend. Biologi

1487/SK/BAN-PT/AKRED/S/VIII/2016

B

Pend. Matematika

2257/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2016

C

Bimbingan dan Konseling

044/SK/BAN-PT/AKRED/S/I/2014

B

3

Pertanian

Agroteknologi

1659/SK/BAN-PT/AKRED/S/VIII/2016

B

Agribisnis

138/SK/BAN-PT/AKRED/S/VII/2016

B

4

Ilmu Sosial & Politik

Ilmu Administrasi Negara

2753/SK/BAN-PT/AKRED/S/XI/2016

B

Ilmu Komunikasi

2288/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2016

B

5

Hukum

Ilmu Hukum

211/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/X/2013

B