Universitas Islam Jember

Aswaja Aplikatif, Ketua LP2AN: Mahasiswa Harus Siap Pakai di Tengah-tengah Masyarakat

Peserta saat mendengarkan Materi Umum di Aula Ulum AA. Kampus I UIJ, Rabu (21/9). Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

ASWAJA, www.uij.ac.id – Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah (LP2AN) menggelar pelatihan Aswaja Aplikatif yang ke VIII. Kegiatan itu berlangsung di Aula Ulum AA Kampus I UIJ, Rabu (21/9). Pelatihan ini kata Kepala LP2AN Agus Zainuddin, merupakan program rutin yang dilaksanakan untuk mahasiswa akhir.

Pria yang juga dosen Fakultas Tarbiyah tersebut mengatakan, Aswaja Aplikatif ini adalah bekal agar mahasiswa UIJ siap pakai di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya kata dia, para mahasiswa tidak hanya mampu dalam keilmuan formal saja. Tapi kemampuan dalam nonformal juga diperlukan.

“Karena kita hidup nanti di masyarakat yang biasa melakukan amaliah-amaliah Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah. Alumni UIJ harus siap menjadi yang di depan perihal itu,” ujarnya.

Hal ini kata dia, juga merupakan corak dan tolak ukur lulusan kampus milik Nahdlatul Ulama Jember. Nantinya, lanjutnya dia, ada beberapa materi khusus yang akan didapatkan peserta. Misal, perawatan jenazah secara detail sampai dikuburkan secarah syariah yang sudah ditentukan.

“Salah-satunya juga tentang Tahsinul Quran (memperindah dan memperbaiki bacaan al Qur’an secara benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid),” tegasnya.

Selain itu, untuk materi umum nantinya akan ditentang ‘Keselarasan antara Agama dan Negara. Materi tersebut akan disampaikan oleh Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Jember, Izzul Ashlah.

“Beliau juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIJ,” imbuh Agus.(*)

*Pewarta: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x