Universitas Islam Jember

Peringati Harlah NU, Mahasiswa Tahfidz Tarbiyah Khatmil Qur’an bil Ghaib

Pembicara dan Dekan Fakultas Tarbiyah beserta jajarannya saat acara Khotmil Quran.

TARBIYAH, www.uij.ac.id – Memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU), Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember (UIJ) mengajak mahasiswa Tahfidz melaksanakan kegiatan  Khatmil Qur’an bil Ghaib. Acara itu berlangsung di ruang Micro Teaching Fakultas Tarbiyah, Jum’at (4/2).

Khatmil Qur’an bil Ghaib ini merupakan kegiatan membaca dan menghatamkan al qur’an tanpa harus memakai dan memegang mushaf.

Disamping memperingati harlah NU yang ke-96. Acara tersebut juga merupakan bentuk tasyakuran untuk mahasiswa Tahfidz Qur’an UIJ yang sudah selesai melakukan tugas akhir dan akan segera kembali ke kampung halamannya masing-masing. Pernyataan itu dikatakan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Jasuli.

Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tahfidz UIJ yang berasal dari luar kota bahkan luar pulau. Diantaranya adalah Jambi, Riau, Lombok, NTB, Gresik, Banyuwangi, dan Bondowoso.

Jasuli mengatakan, setelah sampai didaerahnya masing-masing mahasiswa tersebut harus mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan. Serta meningkatkan kajian kitab kuning. Sehingga nantinya, tidak menjadi generasi yang puas hanya dengan menghafal Al-Qur’an. “Harus tetep mengaji, jangan puas karena sudah tahfidz,” ujarnya.

Dalam momen harlah ini kata Jasuli, penting baginya untuk memantapkan keilmuan, dan merefleksi perjuangan, serta mengenang pendiri NU bersama mahasiswa.

Ia juga menginginkan, mahasiswa itu menyebarluaskan nama UIJ beserta karakteristiknya (dari Nu untuk Nusantara)  dan tetap teguh pendirian untuk menyampaikan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Jasuli berharap agar komunikasi antara pihaknya dengan alumni tetap terjalin harmonis. “Saling berkomunikasi dan tidak terpisah,” pungkasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x