Universitas Islam Jember

Yudisium dan Sumpah Bidan Mahasiswa FIKES Harus Lulus Ukom

Pengambilan sumpah bidan pada acara Yudisium Fikes UIJ.*Foto: Sugeng Hadi Wijaya

FIKES, www.uij.ac.id – Mahasiswa yang mengikuti Yudisium dan Sumpah Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Jember (UIJ) tahun ini harus sudah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi (Ukom). Hal itu dikatakan oleh Dekan FIKES, Dewi Rakhmawati saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (28/1).

Menurutnya, dengan adanya peraturan baru yang dikeluarkan Pendidikan Tinggi (Dikti) bahwa mahasiswa bisa diluluskan ketika selain tugas akademik selesai dia juga harus lulus dari ukom. “Dinyatakan kompeten,” tegasnya.

Kalo misalkan, lanjut dia, mahasiswa tersebut belum lulus Ukom, meskipun tugas akhirnya sudah selesai, itu tetap tidak boleh diluluskan.

Selain yudisium, mahasiswa Fikes juga harus melakukan sumpah bidan yang merupakan pengikraran sumpah profesi. Dengan harapan, ketika sudah melafadzkan sumpah bidan itu artinya mereka sudah sanggup untuk melakukan tugas dan kewajiban dengan etika profesi.

Dewi menjelaskan, hal itu merupakan suatu rambu-rambu bagi para bidan supaya bisa melakukan tupoksinya sesuai dengan prosedur. “Tidak membeda-bedakan pasien nantinya,” terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap mahasiswa yang lulus dapat berkontribusi dan mengamalkan ilmunya dimanapun mereka berada serta bermanfaat bagi masyarakat terutama bisa ikut meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak diwilayah masing-masing. “Karena mereka bukan hanya dari jember saja,” pungkasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x