Universitas Islam Jember

Ciri Khas UIJ, LP2AN Gelar Aswaja Aplikatif Gelombang V

TRADISI: Salah satu narasumber Pelatihan Aswaja Aplikatif Gelombang V tahun 2022 Dr. Ahmad Halid, M.Pd.I di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Selasa (11/1)

ASWAJA, www.uij.ac.id – Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah (LP2AN) Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar pelatihan Aswaja Aplikatif Gelombang V tahun 2022.  Kegiatan itu berlangsung di Aula Miftahul Ulum Kampus I, Selasa (11/1).

Kepala LP2AN, Mohammad Ilyas mengatakan kegiatan itu merupakan ciri khas yang dimiliki UIJ. Sebab, universitas lain belum tentu memiliki agenda tersebut.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, kata Ilyas ialah sebagai pengaplikasian materi yang didapat saat menempuh mata kuliah pengantar aswaja pada semester satu lalu. “Kita beri penilaian sejauh mana pemahaman mahasiswa terkait ke-aswajaan dan ke-NU-an,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya ingin mencetak kader Mahasiswa UIJ yang dapat membaurkan antara ilmu di program studi masing-masing dengan ke-aswajaan. “Misalkan di pertanian mereka paham ilmu tanah, itu harus diintegrasikan” kata Ilyas.

Ia juga menambahkan, dalam pelatihan itu, tidak hanya materi. Namun, juga disertai praktik yang meliputi ubudiyah dan pemahaman ke-NU-an baik itu dzikir, sholat, tahlil, serta cara merawat jenazah. “Penting untuk mahasiswa UIJ tahu terkait hal itu,” imbuhnya.

Ilyas membeberkan, tindak lanjut dari kegiatan itu nantinya akan diadakan bimbingan khusus bagi mahasiswa yang sudah siap terjun ke masyarakat. Sehingga mahasiswa bisa memberikan tauladan kepada orang disekitarnya. “Kita bekali terlebih dahulu,” tegasnya.

Oleh karena itu, Ilyas berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mempunyai akhlak yang baik dan aqidahnya tidak terkontaminasi dengan aliran yang ada di masa sekarang. “Tidak hanya jadi akademisi, tapi juga bagus dalam keislamannya,” tandasnya.(*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya
Sumber Foto: Istimewa

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x