Universitas Islam Jember

Penerjunan PPL II, Dekan Tarbiyah: Mahasiswa Harus Dewasa dan Matang dalam Mengajar

TAULADAN: Dekan Fakultas Tarbiyah, Jasuli menyampaikan wejangan kepada peserta PPL II di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, kemarin (23/11).

TARBIYAH, www.uij.ac.id – Mahasiswa Fakultas Tarbiyah harus dewasa serta siap untuk menjadi guru. Pernyataan itu disampaikan oleh Dekan Fak. Tarbiyah Jasuli, saat memberi sambutan Pembekalan dan Penerjunan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II. Acara tersebut berlangsung di Aula Miftahul Ulum, kemarin (23/11).

Menurut dia kesiapan mental, pengetahuan dan keberanian diperlukan saat proses belajar mengajar. Meskipun sebagian mahasiswa Fakultas Tarbiyah sudah banyak yang menjadi guru. Namun pihaknya menginginkan seluruh mahasiswa profesional dan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Oleh karenanya, dalam kegiatan PPL II ini mahasiswa diuji coba. Namun tidak dilepas begitu saja, tetapi diadakan pendampingan. Ini untuk mengukur sejauh mana keselarasan antara praktek dan serapan yang didapat di Fakultas. “Sudah sesuai apa belum,” ujarnya.

Ia juga membeberkan, pihaknya menerapkan model yang dipakai dalam PPL ini, ialah Individu Terbimbing. Yaitu tetap menerjunkan mahasiswa sesuai standart yang diberikan serta dibekali pedoman yang sudah ada.

Selain itu, lanjut Jasuli untuk yang sudah menjadi pendidik, diberikan kemudahan dengan cara tetap mengajar ditempat masing-masing. Bagi yang belum mengajar, tetap melakukan praktik dirumah dengan cara Bimbingan Belajar (Bimbel). Keduanya menggunakan Standar Operasional Pedoman yang sudah kita tentukan.

Kendati demikian, Jasuli berharap mahasiswa lebih semangat untuk mengaji terkait dengan ilmu pengetahuan. Karena ketika dilapangan itu membutuhkan bekal yang banyak agar supaya ketika selesai bisa menjadi pendidik yang baik. “Lebih semangat dan memantapkan diri,” pungkasnya. (*)

Kontributor: St. Soleha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya
Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x