Universitas Islam Jember

Cetak Masyarakat Toleran, UIJ Bekali Mahasiswa Sebelum Lulus

TOLERAN: Dari kiri, Sodiq Syarif (Wakil Rektor III), H. Abdul Hadi (Rektor), Muhammad Ilyas (Kepala LPPAN) waktu menghadiri pembukaan Pelatihan Aswaja Aplikatif di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Rabu (11/3).

UI Jember_ Demi terciptanya kehidupan yang toleran di tengah-tengah masyarakat luas, Universitas Islam Jember (UIJ) membekali mahasiswanya dengan pelatihan. Pelatihan tersebut terkonsep dalam kegiatan aswaja aplikatif. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah (LPPAN) di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Rabu (11/3).

Menurut Rektor UIJ, H. Abdul Hadi bahwa mahasiswa UIJ harus membumisasikan nilai-nilai islam rahmatan lilalamin. Sebagai generasi muda kata dia, toleran dalam bermasyarakat sangatlah penting. “Jangan karena ibadahnya sudah bagus, lalu mengkafirkan dan menjelekkan yang lain,” tegasnya.

Sementara itu Kepala LPPAN, Muhammad Ilyas, S.Pd.I M.Pd.I bahwa pelatihan ini merupakan keempatkalinya untuk tahun ini. Teradapat tiga fase yang akan dilaksanakan oleh peserta, yakni pemantapan akidah, amaliah Nahdlatul Ulama (NU), dan Baca tulis AlQuran. “Ini merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa UIJ. Apalagi yang mau lulus,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Kepala LPPAN menegaskan bahwa tujuan diadakannya program aswaja ini adalah mencetak generasi bangsa yang toleran. Oleh karena itu kata dia, dalam fase pemantapan akidah seluruh mahasiswa akan mendapat paparan tentang kehidupan bermasyarakat. “Lebih-lebih kecintaan mereka terhadap Negara ini,” tegasnya.

Dosen Fakultas Agama Islam tersebut juga menambahkan bahwa dalam kegiatan itu mahasiswa diharapkan ketika lulus mampu mengaplikasikan amaliah keagamaan. Seperti merawat jenazah, tahlil, serta hal lainnya. “Sehingga mereka walau masih muda sudah siap berada di deapan,” katanya.(sug)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x